Identifikasi Masalah :
Berdasarkan latar belakang di atas diperoleh banyak hal yang dapat dipermasalahkan, diantaranya:
1. Apakah cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK?2. Apakah faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa SMK?
3. Bagaimana cara meningkatkan hasil belajar siswa?
4. Apakah metode pembelajaran yang tepat untuk diterapkan di SMK?
5. Apakah pengaruh metode pembelajaran PBL terhadap hasil belajar siswa SMK?
Pembatasan Masalah
Permasalahan yang telah disebutkan
adalah masih luas sehingga tidak mungkin semua permasalahan yang ada
dapat terjangkau dan terselesaikan seluruhnya dalam penelitian. Oleh
karena itu, perlu adanya pembatasan masalah sehingga objek yang akan
diteliti dapat menjadi lebih jelas dan dapat menghindari kesalahpahaman.
Dalam hal ini pembatasan masalah dibagi menjadi dua antara lain:
1. Objek Penelitian
Objek Penelitian merupakan
aspek-aspek dari subjek penelitian yang menjadi sasaran penelitian
sehingga peneliti dapat lebih fokus dalam melaksanakannya yang meliputi:
a. Metode pembelajaran PBL (Problem Based Learning)
b. Hasil Belajar Siswa
Untuk mengetahui lebih jelasnya
terkait dengan pemahaman siswa dan perkembangannya terhadap apa yang
mereka peroleh maka dapat dilakukan test sebelum memulai penerapan
belajar PBL tersebut dan sesudah menggunakan pendekatan belajar PBL,
sehingga dapat diperoleh apakah ada pengaruhnya baik hasil belajar dalam
bentuk analisi (teori) maupun praktek.
2. Subjek Penelitian
Pada siswa SMK Kemala Bhayangkari 1
Jakarta kelas XI terdapat 6 kelas dengan program studi mesin otomotif
dan jumlah siswa masing masing kelas rata-rata terdapat 36 siswa, maka
untuk mempermudah penelitian digunakan teknik sampling dengan jumlah
yang proporsional agar dapat menggambarkan kondisi dari populasi, adapun
jumlah kelas penelitian ada dua kelas dengan kelas pertama dijadikan
kelas eksperimen atau perlakukan dan kelas kedua dijadikan kelas
kontrol.
Perumusan Masalah :
Berdasarkan berbagai permasalahan tersebut di atas maka dapat dirumuskan suatu permumusan masalah sebagai berikut:
“Apakah ada pengaruh penggunaan metode pembelajaran PBL (Problem Based Lerning) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem motor bensin kelas XI SMK Kemala Bhayangkari 1 Jakarta?”
Manfaat Penelitian :
Dari diadakan penelitian ini antara lain adalah sebagai berikut:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar