Tugas 3

Judul : Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa
Identifikasi Masalah :

Berdasarkan latar belakang di atas diperoleh banyak  hal yang dapat dipermasalahkan, diantaranya:
1. Apakah cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK?
2. Apakah faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa SMK?
3. Bagaimana cara meningkatkan hasil belajar siswa?
4. Apakah metode pembelajaran yang tepat untuk diterapkan di SMK?
5. Apakah pengaruh metode pembelajaran PBL terhadap hasil belajar siswa                                       SMK?
 
Pembatasan Masalah
Permasalahan yang telah disebutkan adalah masih luas sehingga tidak mungkin semua permasalahan yang ada dapat terjangkau dan terselesaikan seluruhnya dalam penelitian. Oleh karena itu, perlu adanya pembatasan masalah sehingga objek yang akan diteliti dapat menjadi lebih jelas dan dapat menghindari kesalahpahaman. Dalam hal ini pembatasan masalah dibagi menjadi dua antara lain:
1. Objek Penelitian
Objek Penelitian merupakan aspek-aspek dari subjek penelitian yang menjadi sasaran penelitian sehingga peneliti dapat lebih fokus dalam melaksanakannya yang meliputi:
a.       Metode pembelajaran PBL (Problem Based Learning)
b.      Hasil Belajar Siswa
Untuk mengetahui lebih jelasnya terkait dengan pemahaman siswa dan perkembangannya terhadap apa yang mereka peroleh maka dapat dilakukan test sebelum memulai penerapan belajar PBL tersebut dan sesudah menggunakan pendekatan belajar PBL, sehingga dapat diperoleh apakah ada pengaruhnya baik hasil belajar dalam bentuk analisi (teori) maupun praktek.
2. Subjek Penelitian
Pada siswa SMK Kemala Bhayangkari 1 Jakarta kelas XI terdapat 6 kelas dengan program studi mesin otomotif dan jumlah siswa masing masing kelas rata-rata terdapat 36  siswa, maka untuk mempermudah penelitian digunakan teknik sampling dengan jumlah yang proporsional agar dapat menggambarkan kondisi dari populasi, adapun jumlah kelas penelitian ada dua kelas dengan kelas pertama dijadikan kelas eksperimen atau perlakukan dan kelas kedua dijadikan kelas kontrol. 
Perumusan Masalah :
Berdasarkan berbagai permasalahan tersebut di atas maka dapat dirumuskan suatu permumusan masalah sebagai berikut:
“Apakah ada pengaruh penggunaan metode pembelajaran PBL (Problem Based Lerning) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem motor bensin kelas XI SMK Kemala Bhayangkari 1 Jakarta?
Manfaat Penelitian :
 
Dari diadakan penelitian ini antara lain adalah sebagai berikut:

Manfaat Praktis.

1.Memberikan informasi kepada guru di SMK mengenai melaksanakan  model pembelajaran PBL (Problem Based Learning). 2.Sebagai bahan masukan dan informasi kepada para guru dan siswa dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran. 3.Bagi peneliti dapat menambah pengetahuan dan pengalaman untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dalam dunia pendidikan.


Manfaat Teoritis.

1.Sebagai khasanah bacaan tentang “Keefektifan model pembelajaran PBL terhadap peningkatan hasil belajar siswa SMK”. 2.Sebagai bahan acuan dibidang penelitian yang sejenisnya dan sebagai pengembangan penelitian lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar