BAHAN DISKUSI 1 :
JAWABAN :
1. Untuk memecahkan masalah pendidikan di bidang teknik elektronika yang saya bahas, yakni mengenai pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam proses pendidikan di bidang teknik elektronika, bisa diterapkan 5 sumber pengetahuan yang ada.
- Terapkan kelima sumber pengetahuan dalam memecahkan contoh Anda dan berikan alasannya.
- Dalam penelitian diperlukan teori, apakah syarat teori yang baik dalam contoh di atas menurut Anda dan berikan alasannya.
- Sebagai calon guru, masalah pendidikan apakah di bidang Anda yang dapat diteliti. Paparkan dan berikan alasannya.
- Buatlah jurnal hasil penelitian pendidikan kejuruan Anda yang dikaji dari skripsi di jurusan alumni Anda.
JAWABAN :
1. Untuk memecahkan masalah pendidikan di bidang teknik elektronika yang saya bahas, yakni mengenai pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam proses pendidikan di bidang teknik elektronika, bisa diterapkan 5 sumber pengetahuan yang ada.
a) Pengalaman:
pengalaman yang dimaksud disini adalah dengan menerapkan pengalaman
dari proses pendekatan pembelajaran sebelumnya dalam bidang yang
dibahas. Masalah mengenai metode pendekatan pembelajaran yang akan
dipakai untuk meningkatkan hasil belajar siswa, bisa diambil berdasarkan
pengalaman pada metode lama yang sudah dipakai sebelumnya. Sehingga
kekurangan pada metode yang lama bisa diperbaiki pada metode baru yang
akan dipakai.
b) Otoritas: menunjuk
pada penguasaan, kemampuan dan keahlian seseorang pada bidang
tertentu. Dengan cara ini orang memandang bahwa apa yang diucapkan
ataupun ditulis oleh mereka yang dinilai memiliki otoritas adalah suatu
kebenaran. Penggunaan cara ini dapat mempersingkat waktu dalam
mendapatkan pengetahuan, apalagi jika pemilik otoritas tersebut memiliki
kredibilitas yang tinggi. Maka untuk memecahkan masalah yang akan
dibahas, bisa saja dipengaruhi oleh mereka yang dianggap memang sudah
ahli dalam bidang tersebut.
c) Berpikir Deduktif:
pengetahuan yang dipandang masyarakat umum sebagai suatu kebenaran dan
hal tersebut juga masuk akal, dapat juga digunakan sebagai cara untuk
memecahkan masalah metode pembelajaran apa yang baiknya dipakai guna
meningkatkan hasil belajar siswa. Banyak teori-teori dari para ahli yang
bisa dijadikan sebagai acuan untuk mempelajari masalah ini. Teori
tersebut bisa dijadikan acuan akurat yang bisa ditulis waktu penyusunan
teori.
d) Berpikir Induktif:
cara berpikir induktif nampak pada saat pengumpulan data di lapangan,
atau dengan kata lain mengembangkan teori atau hipotesis melalui
pengungkapan fakta. Jadi dari teori-teori yang sudah didapat melalui
berpikir deduktif, pemecahakan masalah yang dibahas ini harus dicoba
untuk diimplementasikan dalam kehidupan nyata.
e) Berpikir Ilmiah:
ada 2 pendekatan yang dilakukan dalam berpikir ilmiah, yakni
pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Perbedaannya terletak
pada asumsi-asumsi yang digunakan dalam penelitian yang akan
memengaruhi strategi dan desain penelitian. Dimana desain penelitian
melingkupi berbagai informasi penting tentang rencana penelitian,
antara lain tentang pertanyaan fokus penelitian, tujuan penelitian,
variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian, dan berbagai prosedur
untuk penentuan sample/key informan, penggalian dan analisa data. Hal
ini sangat penting untuk memecahkan masalah pendidikan yang dibahas.
2. Syarat teori yang saya
ambil dan sesuai dengan masalah penelitian saya adalah teori menurut
Suherman (1993) bahwa mengemukakan pendekatan dalam pembelajaran adalah
suatu jalan, cara atau kebijaksanaan yang ditempuh oleh guru atau
siswa dalam pencapaian tujuan pembelajaran dilihat dari sudut bagaimana
proses pembelajaran atau materi pembelajaran itu, umum atau khusus.
3. Sebagai calon guru, masalah pendidikan yang bisa saya teliti adalah mengenai pendekatan
pembelajaran yang digunakan dalam proses pendidikan di bidang teknik
elektronika. Saya meneliti masalah tentang pendekatan pembelajaran
karena pendekatan
pembelajaran merupakan cara kerja mempunyai sistem untuk memudahkan
pelaksanaan proses pembelajaran dan membelajarkan siswa guna membantu
dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Melalui proses pendekatan pembelajaran yang baik, maka akan lebih cepat dan terarah tujuan tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar