Tugas 1

BAHAN DISKUSI 1 :

  1. Terapkan kelima sumber pengetahuan dalam memecahkan contoh Anda dan berikan alasannya.
  2. Dalam penelitian diperlukan teori, apakah syarat teori yang baik dalam contoh di atas menurut Anda dan berikan alasannya.
  3. Sebagai calon guru, masalah pendidikan apakah di bidang Anda yang dapat diteliti. Paparkan dan berikan alasannya.
  4. Buatlah jurnal hasil penelitian pendidikan kejuruan Anda yang dikaji dari skripsi di jurusan alumni Anda.

JAWABAN :

1.  Untuk memecahkan masalah pendidikan di bidang teknik elektronika yang saya bahas, yakni mengenai pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam proses pendidikan di bidang teknik elektronika, bisa diterapkan 5 sumber pengetahuan yang ada.
a)  Pengalaman: pengalaman yang dimaksud disini adalah dengan menerapkan pengalaman dari proses pendekatan pembelajaran sebelumnya dalam bidang yang dibahas. Masalah mengenai metode pendekatan pembelajaran yang akan dipakai untuk meningkatkan hasil belajar siswa, bisa diambil berdasarkan pengalaman pada metode lama yang sudah dipakai sebelumnya. Sehingga kekurangan pada metode yang lama bisa diperbaiki pada metode baru yang akan dipakai.
b)    Otoritas: menunjuk pada penguasaan, kemampuan dan keahlian seseorang pada bidang tertentu. Dengan cara ini orang memandang bahwa apa yang diucapkan ataupun ditulis oleh mereka yang dinilai memiliki otoritas adalah suatu kebenaran. Penggunaan cara ini dapat mempersingkat waktu dalam mendapatkan pengetahuan, apalagi jika pemilik otoritas tersebut memiliki kredibilitas yang tinggi. Maka untuk memecahkan masalah yang akan dibahas, bisa saja dipengaruhi oleh mereka yang dianggap memang sudah ahli dalam bidang tersebut. 
c)   Berpikir Deduktif: pengetahuan yang dipandang masyarakat umum sebagai suatu kebenaran dan hal tersebut juga masuk akal, dapat juga digunakan sebagai cara untuk memecahkan masalah metode pembelajaran apa yang baiknya dipakai guna meningkatkan hasil belajar siswa. Banyak teori-teori dari para ahli yang bisa dijadikan sebagai acuan untuk mempelajari masalah ini. Teori tersebut bisa dijadikan acuan akurat yang bisa ditulis waktu penyusunan teori. 
d)    Berpikir Induktif: cara berpikir induktif nampak pada saat pengumpulan data di lapangan, atau dengan kata lain mengembangkan teori atau hipotesis melalui pengungkapan fakta. Jadi dari teori-teori yang sudah didapat melalui berpikir deduktif, pemecahakan masalah yang dibahas ini harus dicoba untuk diimplementasikan dalam kehidupan nyata.
e)  Berpikir Ilmiah: ada 2 pendekatan yang dilakukan dalam berpikir ilmiah, yakni pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Perbedaannya terletak pada asumsi-asumsi yang digunakan dalam penelitian yang akan memengaruhi strategi dan desain penelitian. Dimana desain penelitian melingkupi berbagai informasi penting tentang rencana penelitian, antara lain tentang pertanyaan fokus penelitian, tujuan penelitian, variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian, dan berbagai prosedur untuk penentuan sample/key informan, penggalian dan analisa data. Hal ini sangat penting untuk memecahkan masalah pendidikan yang dibahas.


2.   Syarat teori yang saya ambil dan sesuai dengan masalah penelitian saya adalah teori menurut Suherman (1993) bahwa mengemukakan pendekatan dalam pembelajaran adalah suatu jalan, cara atau kebijaksanaan yang ditempuh oleh guru atau siswa dalam pencapaian tujuan pembelajaran dilihat dari sudut bagaimana proses pembelajaran atau materi pembelajaran itu, umum atau khusus.

3.   Sebagai calon guru, masalah pendidikan yang bisa saya teliti adalah mengenai pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam proses pendidikan di bidang teknik elektronika. Saya meneliti masalah tentang pendekatan pembelajaran karena pendekatan pembelajaran merupakan cara kerja mempunyai sistem untuk memudahkan pelaksanaan proses pembelajaran dan membelajarkan siswa guna membantu dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Melalui proses pendekatan pembelajaran yang baik, maka akan lebih cepat dan terarah tujuan tersebut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar